Thought

#PEMUDABIKINBANGGA

Tanggal 28 Oktober tahun lalu, saya dan kawan saya melewatkan beberapa jam malam di pelataran Monumen Mandala. Waktu itu ada Pekan Raya Pemuda SULSEL 2018, temanya #PEMUDABIKINBANGGA.

Kali ini saya akan fokus kepada tema yang diangkat. Untuk rincian atau review kegiatannya, bisa dicari di Google.

Menurut KBBI online yang ada di gawai saya, Bangga adalah besar hati; merasa gagah (karena mempunyai keunggulan).

Saya mulai berpikir .. Banyak orang yang ingin dibanggakan dan merasa bangga, banyak yang ingin mempunyai keunggulan dan merasa gagah akan itu. Namun, banyak juga yang merasa kecil hati karena beranggapan bahwa ia tidak punya kemampuan sehingga kebanggaannya lenyap sudah. Kenapa lenyap? Karena sejak awal kita semua memiliki kebanggaan dan telah menularkan rasa bangga, seperti pada saat pertama kali bisa tersenyum hingga berjalan, kita bangga, orang tua pun bangga. Hanya saja dalam perkembangannya, kita mulai diperkenalkan dengan standar sosial beserta segala tuntutannya. Ketidak mampuan sebuah lingkungan sosial untuk mengapresiasi orang orang yang ada di dalamnya lah yang seringkali memunculkan rasa minder, pesimis, hingga ketidakpercayaan diri akan kemampuan dan potensi yang dimiliki seseorang. Bukankah hal-hal tersebut yang menyeret pergi rasa bangga?

Beruntunglah orang yang mampu mempertahankan kepercayaan diri dengan mensyukuri apa yang ia miliki. Mereka akan bisa bangga dengan pencapaian yang mereka raih seberapa kecil pun itu. Mereka akan berjalan di jalur pemikiran positif yang mampu mengapresiasi setiap hal. Mereka akan optimis untuk mampu berdampingan dengan siapapun tanpa saling mengecilkan.

Jadi, yang ingin saya sampaikan adalah tidak perlu terlalu rumit untuk memikirkan bagaimana untuk membuat lingkungan kita bangga jika bahkan untuk bangga terhadap potensi dan pencapaian diri sendiri saja masih sulit. Percaya terhadap kemampuan diri terlebih dahulu, kenali dan kembangkan potensi diri yang dimiliki, berkarya, bangga, dan hingga terwujud #PEMUDABIKINBANGGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *